KADAR SENG PLASMA PADA ANAK LEUKEMIA AKUT DENGAN DAN TANPA DEMAM NEUTROPENIA

editor journal

Abstract


Demam neutropenia merupakan komplikasi yang sering terjadi pada anak dengan leukemia. Pada neutropenia terjadi penurunan jumlah neutrofil sehingga meningkatkan risiko terjadinya infeksi. Seng berperan dalam sistem imun spesifik dan nonspesifik. Aktivitas fagositosis, degenerasi neutrofil dan jumlah granulosit dipengaruhi oleh kadar seng. Gangguan terhadap fungsi imunitas akibat defisiensi seng meningkatkan kerentanan terjadinya infeksi yang dapat mencetuskan demam neutropenia.

Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan adanya perbedaan kadar seng plasma pada anak leukemia limfositik akut dengan dan tanpa demam neutropenia .

Metode Penelitian adalah cross sectional, sample penelitian adalah anak usia 10 bulan-14 tahun yang terdiagnosa Leukemia Limfositik Akut (LLA) yang dipilih secara consecutive sampling dan memenuhi kriteria inklusi. Analisis dilakukan melalui uji t tidak berpasangan dan Pearson chi-square.

Hasil penelitian dari 58 anak dengan LLA. Rerata usia pada kelompok anak LLA dengan demam neutropenia 6.2 tahun dan rerata usia pada kelompok anak LLA tanpa demam neutropenia 7.8 tahun,  Tidak ada perbedaan usia secara signifikan antara kedua kelompok (p=0.113). Terdapat perbedaan signifikan pada rerata kadar seng plasma pada anak leukemia limfositik akut dengan demam neutropenia dibanding rerata kadar seng plasma pada anak leukemia limfositik akut tanpa demam neutropenia, 76,18 pg/dL (SD 11,00) vs 92,44 pg/dL (SD 18.46) (p<0.001)

Simpulan penelitian, Kadar seng plasma pada anak LLA dengan demam neutropenia lebih rendah secara signifikan dibanding anak LLA tanpa demam neutropenia.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 midwifery scientific journal

VIew My Stats Jurnal Kebidanan by http://ejournal.akbidypsdmi.ac.id/index.php/index/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.