MODEL KONSEPTUAL PELAYANAN KEBIDANAN HOLISTIK PADA IBU HAMIL DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI

editor journal

Abstract


      Kesehatan secara holistik tidak hanya meliputi aspek fisik saja, akan tetapi mental, sosial, dan spiritual. Demikian pula dengan pelayanan kebidanan. Tujuan penelitian ini adalah membangun model pelayanan kebidanan holistik pada ibu hamil. 

      Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Focus Group Discussion, yang sebelumnya telah dilakukan studi kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Garut di Bidan Praktik mandiri, pada bulan Agustus-November 2017.

      Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Sampel yang digunakan  sebanyak 9 responden. Analisis yang digunakan pada penelitian yaitu thematic analysis.

      Hasil penelitian menunjukan bahwa model konseptual pelayanan kebidanan holistik meliputi fisik, mental, sosial, dan spiritual yang diintegrasikan ke dalam standar pelayanan antenatal 10 T dalam aspek temu wicara. Pelayanan kebidanan holistik pada ibu hamil dimulai dari pengkajian, penegakkan diagnosa, sampai dengan penatalaksanaan serta pendokumentasian.

      Pendekatan holistik pada asuhan kebidanan sejatinya dimulai sejak institusi pendidikan sampai dengan pelayanan kebidanan. Peran organisasi profesi dan akademik dalam pelayanan kebidanan holistik adalah mengembangkan kebijakan pelayanan kebidanan. Bidan diberikan pengetahuan untuk melakukan deteksi dini secara holistik dan melakukan perujukan apabila ditemukan suatu kelainan pada ibu hamil.  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 midwifery scientific journal

VIew My Stats Jurnal Kebidanan by http://ejournal.akbidypsdmi.ac.id/index.php/index/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.