HUBUNGAN PARITAS DAN PENGETAHUAN TERHADAP PERAWATAN PAYUDARA PADA IBU NIFAS

editor journal

Abstract


Berdasarkan data dari Departemen Kesehatan Indonesia, menyatakan hanya sebagian kecil ibu menyusui yang melakukan perawatan payudara (Breast Care) hanya sekitar 57% ibu menyusui dan itu disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan informasi yang di dapat tentang pentingnya melakukan perawatan payudara selama kehamilan dan masa nifas. Masalah yang sering terjadi pada ibu menyusui antara lain putting susu datar atau terbenam, puting susu lecet, payudara bengkak, saluran susu tersumbat dan mastitis. Faktor yang mempengaruhi pada perawatan payudara adalah paritas. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan paritas dan pengetahuan terhadap perawatan payudara.

Metode penelitian ini adalah Analitik Kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan tekhnik Symple Random Sampling sebanyak 72 orang. Tekhnik analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat.

Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara paritas dengan perawatan payudara pada ibu nifas dengan nilai p-value 0,676 > α 0,05, sedangkan pada variabel pengetahuan terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan perawatan payudara pada ibu nifas dengan nilai p-value 0,010 < α 0,05.

Melalui pemberian konseling dan edukasi secara intensif mengenai perawatan payudara pada masa nifas diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan ibu nifas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 midwifery scientific journal

VIew My Stats Jurnal Kebidanan by http://ejournal.akbidypsdmi.ac.id/index.php/index/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.