HUBUNGAN PARITAS DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PERAWATAN NEONATUS

editor journal

Abstract


Perawatan neonatus merupakan hal yang sangat penting yang harus diketahui setiap ibu untuk mencegah suatu hal yang tidak diinginkan, sehingga perawatan neonatus sangat penting bagi ibu untuk mendapatkan bayi yang dilahirkan menjadi lebih baik.

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara paritas dengan tingkat pengetahuan ibu tentang perawatan neonatus.

Metode penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional.  Teknik pengambilan dilakukan dua tahap yaitu proporsional sampel dan simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 76 responden.

Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara paritas dengan tingkat pengetahuan ibu tentang perawatan neonatus, dengan nilai p-value  0,001.

Simpulan penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara paritas dengan tingkat pengetahuan ibu tentang perawatan neonatus dengan nilai (p-value  0,001< 0,05). Penulis menyarankan untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas KIE tentang perawatan neonatus.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 midwifery scientific journal

VIew My Stats Jurnal Kebidanan by http://ejournal.akbidypsdmi.ac.id/index.php/index/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.