HUBUNGAN PENDAPATAN KELUARGA DAN PENDIDIKAN IBU DENGAN STATUS GIZI BALITA

editor journal

Abstract


Status gizi balita memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas di masa yang akan datang. Kekurangan gizi yang serius dapat menyebabkan kematian anak. Masalah kelebihan gizi banyak terjadi di perkotaan yang tingkat ekonominya tinggi. Sedangkan kekurangan gizi banyak terjadi di pedesaan dengan tingkat ekonominya rendah. Pendapatan merupakan salah satu unsur yang dapat mempengaruhi status gizi. Hal ini menyangkut daya beli keluarga untuk memenuhi kebutuhan konsumsi makan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pendapatan keluarga dan pendidikan ibu dengan status gizi balita.

Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional dan teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling dengan jumlah sampel 54 balita. Intrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan analisis data menggunakan chi-square dengan derajat kemaknaan (0,05).

Hasil penelitian menunjukkan jumlah distribusi frekuensi berdasarkan status gizi balita yang tidak sesuai (35,2%) dan yang sesuai (64,8%). Berdasarkan pendapatan keluarga yang rendah (42,6%) dan yang tinggi (57,4%). Berdasarkan pendidikan ibu yang rendah (25,9%) dan yang tinggi (74,1%). Berdasarkan analisis bivariat bahwa hubungan pendapatan keluarga dengan status gizi balita di peroleh nilai p-value (0,658) dan hubungan pendidikan ibu dengan status gizi balita di peroleh nilai p-value (0,20).

Simpulan penelitian dinyatakan bahwa tidak ada hubungan antara pendapatan keluarga dengan status gizi balita, sedangkan pendidikan ibu ada hubungan dengan status gizi balita.

Disarankan untuk lebih  meningkatkan kegiatan monitoring dan evaluasi status gizi secara berkala, memberikan penyuluhan kesehatan dan bimbingan konsultasi gizi, meningkatkan  pelatihan bagi kader Posyandu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 midwifery scientific journal

VIew My Stats Jurnal Kebidanan by http://ejournal.akbidypsdmi.ac.id/index.php/index/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.