FAKTOR–FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS ANTENATAL CARE (ANC)

editor journal

Abstract


Antenatal care (ANC) adalah pelayanan /asuhan yang diberikan kepada ibu hamil secara berkala untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya dengan program terencana berupa observasi, edukasi, dan penanganan medik pada ibu hamil untuk memperoleh sutau proses kehamilan dan persiapan persalinan yang aman dan memuaskan. Pelayanan ANC perlu dilakukan secara terintegrasi untuk mengatasi masalah Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan status Antenatal care (ANC.
Metode penelitian adalah analitik kuantitatif dengan pendekatan potong lintang (cross sectional). Tehnik pengambilan sampel menggunakan dua tahap pengambilan sampel yaitu proporsional sampel dan tehnik Simple Rndom Sampling, dengan jumlah sampel keseluruhan 46 sampel. Populasi penelitian adalah seluruh ibu yang mempunyai bayi usia antar 0-11 bulan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan catatan kehamilan menggunakan buku KIA.
Hasil penelitian dengan tekhnik analisis chi square dengan tingkat kemaknaan 95% (α=0,05) menunjukan nilai p=0,734 untuk umur ibu, nilai p=182 untuk pendidikan ibu, nilai p=0,047 untuk penghasilan keluarga, dan nilai p=0,164 untuk pengetahuan ibu.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara penghasilan dengan status ANC (p-value 0,047 < 0,05). Disarankan untuk melakukan diskusi mengenai faktor yang dapat menghambat status ANC pada ibu hamil. Lebih proaktif dalam upaya program ANC, melakukan kelas ibu hamil pada kegiatan Posyandu.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 MIDWIFERY SCIENTIFIC JOURNAL

VIew My Stats Jurnal Kebidanan by http://ejournal.akbidypsdmi.ac.id/index.php/index/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.